Tutorial dasar belajar PHP CodeIgniter

Tutorial dasar belajar PHP CodeIgniter, Pada awal pembelajaran malam ini kita akan bahas tentang Tutorial dasar belajar PHP CodeIgniter. Untuk itu kita siapkan dulu bahan yang harus diperlukan antara lain Codeigniter itu sendiri dan mungkin bisa menggunakan Notepad++ jika ada, lok gak ada mah Notepad biasa juga tak masalah. Jangan lupa juga siapin segelas kopi hitam untuk semaleman :)

Okelah, tahap pertama download dulu CI (CodeIgniter) nya. sobat bisa cari sendiri di google yah soalnya disini saya blum bisa nyiapin file nya. Ada juga nih untuk servernya kita bisa gunakan XAMP ataupun WAMPserver, disini saya gunakan WAMPserver. Setelah download CodeIgniternya kita extract file hasil download CI tadi ke folder htdoct (*jika pakai XAMP) / www (*jika pakai WAMPserver). Sobat bisa cek CodeIgniternya dengan menuliskan http://localhost/ci (*folder CI yg diextract tadi)

tahap persiapannya udah selesai nih, tinggal kita belajar PHP nya gimana ini ya..?? hehe. langsung aja yah buka Notepad nya.

Cukup mudah sih asal sobat mengikuti tahapan-tahapannya ini.
Pertama tulis script dibawah ini :
class Hello extends ci_controller{
        public function index(){
        $this->load->view('helloview');
        }
    }
Setelah selesai, simpan file diatas ke folder ./ci/application/controllers dengan nama (hello.php).
Yang musti di perhatikan :
- Nama class harus di awali huruf besar.
- Nama class harus sama dengan nama file.
- Function index adalah function default. Di url tidak perlu di tuliskan nama function index nya. Kalau nama function selain index, perlu di tulis di url nya.

Selanjutnya tinggal satu langkah lagi buat file baru di notepad kemudian ketikkan script dibawah ini :
echo "Hello World nama saya Purwanto";
Untuk yang satu ini kita simpan ke folder ./ci/application/Views dengan nama filenya (helloview.php)
Nah udah selesai sampai sini mungkin ada yang perlu ditanyakan..?? untuk hasilnya sobat bisa ketikkan http://localhost/CI/index.php/Hello pada browser sobat. Semoga sukses yah pelajaran malam ini, saatnya buat lanjutin tidur ,mungkin lain kali saya akan tambahkan beberapa artikel menarik lainnya
Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment