Cara mengaktifkan Clean URL pada Drupal

Cara mengaktifkan Clean URL pada Drupal,Selamat malam sobat, Kali ini saya akan bahas Cara mengaktifkan Clean URL pada Drupal. ini adalah awal-awal saya belajar CMS Drupal, yang semula saya sering pakainya CMS Wordpress. Gak usah tau ya alasannya kenapa wkwkw. Langsung aja mungkin beberapa orang mengatakan URL blog/website sangat penting, disni URL yang dihasilkan oleh drupal pada saat instalasi pertama akan nampak seperti:
http://example.com/?q=node/123.

Dengan adanya /?q= , maka hal ini akan mempersulit atau bahkan mesin pencari seperti Google tidak bisa mengindexnya. Maka pada situs anda harus dilakukan setting agar bisa alamatnya menjadi http://example.com/node/123 .Sehingga dapat dengan mudah diindex oleh mesin pencari. Untuk itu Anda harus mengaktifkan Clean URL pada situs Drupal Anda. Namun kemungkinan setting Clean URL pada drupal Anda tidak aktif alias tidak bisa disetting enable maupun disable. Untuk mengaktifkan Clean URL pada situs Anda ada 2 hal yang harus dilakukan:

Masukkan control panel
Edit file .htaccess pada situs Drupal Anda dengan cara :
1. Masuk ke file managernya
2. Buka file .htaccess dan cari baris:
#RewriteBase /
3. Hilangkan tanda # sehingga menjadi :
RewriteBase /
4. Simpan file .htaccess Anda
Kemudian pada situs anda, pilih Administer/Site Configuration/Clean URLs dan pilih Clean URLs lalu pilih enable.

Demikian sedikit Cara mengaktifkan Clean URL pada Drupal. Setelah itu Clean URL sudah bisa berfungsi dan selamat mencoba :D
Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment